Semarak Idul Adha 2013 di Langit Selatan

ust mauludi

Merayakan Idul Adha di bawah langit selatan Perayaan Idul Adha tentunya selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu oleh umat Muslim. Tidak mau ketinggalan, ratusan umat Muslim yang berada di South Australia juga ikut berkumpul menyemarakkan Idul Adha. Berikut beberapa cuplikan singkat reportase kegiatan Idul Adha tahun 2013 dari negara bagian di selatan benua Australia ini.

Shalat Idul Adha

Di South Australia sendiri ada beberapa lokasi untuk shalat Idul Adha, salah satunya yang diorganisir oleh MIIAS (Masyarakat Islam Indonesia Australia Selatan), bekerja sama dengan FUMA (Flinders University Muslim Association). Acara ini selalu menjadi tujuan ratusan komunitas Muslim Indonesia di South Australia untuk merayakan Idul Adha bersama keluarga.

Pada hari Selasa (15/10) lalu, MIIAS mengadakan shalat Idul Adha di pelataran plaza Flinders University, dengan mendaulat bapak Mauludi Ariesto Pamungkas, PhD – seorang dosen dari Universitas Brawijaya dan doktor lulusan Universitas Sains dan Teknologi Korea dalam bidang fisika material – untuk menjadi imam dan khatib. Kebetulan bapak Mauludi saat ini sedang mengambil program short-course untuk dosen Universitas Brawijaya di Flinders University.

Bapak Mauludi memanfaatkan momen shalat Idul adha untuk menyampaikan khutbah berjudul “Loyalty, love and devotion…for whom?”, Dalam khutbahnya, bapak Mauludi mengajak peserta shalat Id untuk merenung dan mengambil hikmah dari runtutuan kisah Nabi Ibrahim AS. Bapak Mauludi mempertanyakan kembali apakah kita sudah sepenuhnya menunjukkan loyalitas keimanan kita semata kepada Allah SWT, atau malah pada benda-benda ciptaan-Nya. Sesi khutbah berlangsung khidmat dan menarik. Ratusan audiens yang terdiri dari berbagai negara terlihat serius mendengarkan dan mengambil pelajaran.

Setelah ditutup dengan doa bersama, acara penutup yang ditunggu-tunggu tiba. Seperti biasa, sesi shalat Id disusul dengan sesi ramah tamah dan menyantap hidangan khas Indonesia yang sudah disiapkan. Badan boleh jauh dari Indonesia, tapi suasana hari raya tentunya belum sah kalau belum menyantap hidangan spesial: lontong dan sambal goreng ati! Selain mengorganisir shalat Idul Adha, MIIAS juga mengorganisir pengumpulan dana hewan qurban dari komunitas Muslim Indonesia. Dana qurban tersebut kemudian disalurkan ke berbagai daerah di Indonesia.

1400528_10201248991201617_1595169269_o

Eid Festival

Satu minggu setelah shalat Idul Adha, tepatnya pada hari Minggu (20/10), IICSA (Islamic Information Center of South Australia) – sebuah organisasi Muslim di South Australia – mengadakan sebuah festival tahunan berjudul “Eid Festival”, sebagai ajang perayaan Idul Adha untuk semua Muslim di South Australia. Acara ini bertempat di Bonython Park dan berlangsung dari pukul 12.00 siang sampai pukul 06.00 sore. Berbagai stand makanan, stand pakaian, stand pernak-pernik Islami, hiburan Islami, dan berbagai macam permainan anak-anak ikut menyemarakkan acara. Ribuan Muslim dari seluruh penjuru South Australia datang dan memanfaatkan momen ini untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan Muslim di South Australia, bisa dilihat melalui website MIIAS di www.miias.org dan website IICSA di www.iicsa.com.au. Idul Adha sudah berlalu, semangat yang menyertainya tentu tidak boleh ikut hilang. Semoga kita diperkenankan oleh Allah SWT untuk kembali bersua dengan Idul Adha di tahun-tahun berikutnya. Semoga Allah SWT meridhai amal ibadah dan qurban kita. Eid Mubarak! []

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*